Teknologi Hijau Masa Depan Ala Daihatsu

16 Apr 2013

Daihatsu Cube yang Ramah Lingkungan

Daihatsu Cube yang Ramah Lingkungan

Teknologi Hijau Masa Depan Ala Daihatsu - Bumi semakin tua semakin panas rasanya, itu sudah kita rasakan terutama akhir-akhir ini suhu yang sudah mencapai 32 derajat celcius bahkan 33 derajat celcius.

Pernahkah kita berpikir bagaimana kondisi bumi 100 tahun ke depan? Pemanasan global, selain menyebabkan perubahan iklim, juga menaikkan suhu bumi rata-rata 0,2 derajat celsius per 10 tahun atau 2 derajat celsius dalam 100 tahun. Kenaikan suhu sebesar itu menyebabkan kenaikan permukaan air laut setinggi 20 sentimeter (Kepala Pusat Studi Energi UGM, Prof Dr Jumina, Sekip Yogyakarta).

Sehubungan dengan permasalahan diatas, maka muncul sebuah inovasi yang dinamai dengan Teknologi Hijau. Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup, dengan kata lain salah satu teknik untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini.

Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Beberapa teknik untuk pencapaian sustainabilitas tersebut, yang telah banyak dikenal, antara lain :

  • Produk Daur Ulang yaitu penciptaan (siklus) produk-produk manufaktur yang sepenuhnya dapat direklamasi atau digunakan kembali.
  • Inovasi teknologi hijau merupakan pengembangan teknologi alternatif baik berupa bahan bakar fosil atau bahan kimia hasil dari budidaya tanaman yang telah terbukti tidak merusak kesehatan dan lingkungan hidup.

Bidang-bidang Teknologi Hijau

Studi tentang teknologi hijau yang masih terus dikembangkan dan merupakan kecenderungan teknologi di masa depan, antara lain mencakup bidang-bidang, a.l: Energi terbarukan (renewable energy); Bangunan hijau/ramah lingkungan (green building); Kimia hijau (green chemistry) dan Teknologi Nano Hijau (green nanotechnology).

Renewable Energy

Mengingat keterbatasan sumber energi berbahan baku fosil (minyak, gas dan batubara), maka energi menjadi masalah yang paling mendesak dalam bidang teknologi hijau, termasuk didalamnya pengembangan bahan bakar alternatif atau energi terbarukan yang efisien.

Green Building

Bangunan hijau (green building) juga mendapat perhatian penting di bidang teknologi hijau, segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan rumah atau infrastruktur yang ramah lingkungan. Penerapannya mulai sejak pemilihan bahan bangunan hingga lokasi tempat bangunan akan didirikan diharapkan telah mempertimbangan kelestarian lingkungan hidup.

Green Chemistry

Hampir seluruh produk untuk keperluan sehari-hari adalah produk kimiawi. Oleh karena itu kimia hijau (green chemistry) mulai mendapat perhatian berbagai negara maju dalam hal penemuan, rancangan dan aplikasi produknya termasuk proses yang dijaga dari penggunaan bahan beracun atau zat yang berbahaya bagi kehidupan.

Green Nanotechnology

Green nanotechnology (teknologi nano hijau) yang melibatkan manipulasi bahan pada skala nanometer (satu miliar meter). Green nanoteknologi adalah penerapan kimia hijau tingkat lanjut dengan prinsip-prinsip rekayasa teknologi yang ramah lingkungan.

Perusahaan-perusahaan besar di dunia tentu saja punya inisiatif untuk menerapkan teknologi hijau pada perusahaan atau produk mereka. Salah satunya adalah inovasi teknologi hijau dari salah satu perusahaan mobil terbesar di dunia yaitu DAIHATSU. Tidak dapat dipungkiri bahwa mobil mempunyai andil sebesar 3/4 dari semua gas buang yang dipancarkan alat transportasi. Sejak saat ini, dunia akan dipenuhi lebih dari satu milyar mobil yang berkeliaran di jalan-jalan di tahun 2030 dan akan bertambah hingga satu milyar lagi di tahun 2050. Hal berhubungan dengan 75% peningkatan CO2 selama setahun di atmosfer berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, gas bumi dan batu bara), sedangkan sekitar 20% CO2 yang memasuki atmosfer bumi berasal dari pembakaran BBM pada mesin-mesin kendaraan bermotor, selebihnya 80% emisi CO2 bersumber dari pembakaran bahan bakar fosil oleh mesin pembangkit tenaga listrik.

Seperti judul yang saya buat Teknologi Hijau Masa Depan Ala Daihatsu, Daihatsu sebagai spesialis produsen mobil kompak, telah berkiprah selama 105 tahun di dunia. Selama itu Daihatsu telah mengembangkan berbagai teknologi untuk menghadirkan produk yang berkualitas, harga terjangkau dan ramah lingkungan. Untuk mengembangkan teknologi masa depan, Daihatsu memiliki tiga tahapan dalam mengembangkan teknologi hijaunya.

Tahapan Pertama: Teknologi Eco-Idle

Sistem eco-IDLE
Sistem teknologi eco-idle ini mampu mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Pada tahap ini dengan sistem i-EGR mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan meminumkan keluaran gas CO2.

Tahapan Kedua: Menggunakan Mesin 2 Silinder Turbocharged

Menggunakan Mesin 2 Silinder Turbocharged
Pada tahap kedua ini mesin memiliki komponen yang lebih sedikit, sehingga lebih ringan, dan menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit. Dengan active ignition system dan berbagai improvement lainnya, efisiensi penggunaan bahan bakar bisa mencapai 30%. Daihatsu ingin menghadirkan kenyamanan dalam berkendara dan efisiensi bahan bakar, meskipun dengan mesin cc rendah melalui sistem turbo yang ada pada tahap ini.

Tahapan Ketiga: Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC)

Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell
Pada tahap ini emisi gas buang CO2 nol, ini merupakan wujud kendaraan yang ramah lingkungan. Bahan pembuatan kendaraan ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah.

Proses ini berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini memiliki kepadatan yang energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Zat ini adalah bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru.

Semua tahapan atau langkah itu merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk menghadirkan kendaraan yang kompak, ramah lingkungan dan dengan harga yang terjangkau.

Sekian artikel menarik dengan judul Teknologi Hijau Masa Depan Ala Daihatsu. Semoga dengan artikel ini bisa mendorong kesadaran kita untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Saya sangat mendukung teknologi hijau yang dikembangkan Daihatsu untuk menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan.

Referensi:
http://www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau
http://sains.kompas.com/read/2011/04/11/15231152/Tahun.2500.Bumi.Tak.Layak.Huni
http://blog.ub.ac.id/faraca/camada/teknologi-hijau-green-technology-kecenderungan-teknologi-di-masa-datang/


TAGS Teknologi Hijau Masa Depan Ala Daihatsu Teknologi Hijau Teknologi Mobil


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post